Salah Paham


Seorang pengusaha dari Amerika sedang mendapatkan proyek besar di Abu Dhabi – Uni Emirat Arab, dan menginap di sebuah hotel berbintang lima. Setiap pagi pada jam makan pagi tepat jam 7.00 bule ini selalu sudah siap duduk di meja makan di restoran hotel untuk sarapan.


Pada suatu pagi, seorang pengusaha Arab yang kebetulan menginap di hotel yang sama, terlambat 15 menit sarapan pagi, sehingga dia kesulitan mendapatkan meja, dan kebetulan hanya tersisa satu kursi kosong tepat satu meja dengan si bule. Mau tidak mau akhirnya si Arab ini menghampiri si Bule untuk duduk semeja, dan ketika si Arab menunjuk kursi kosong didepan si Bule, si Bule langsung berkata, “Good Morning…”
Si Arab agak kebingungan, dan seketika menjawab, “Waalaikumsalam…”, kemudian si Arab langsung duduk berhadapan dengan si Bule.

Keesokan paginya, si Arab terlambat lagi 20 menit, dan terpaksa menuju satu kursi kosong semeja dengan si Bule, kembali si Bule menyapa, “Good Morning…” dan si Arab menjawab, “Waalaikumsalam…”. Hal ini berlangsung setiap pagi selama 5 hari.
Si Arab mulai agak penasaran, dia takut kalo jawaban dia salah sehingga bisa memalukan reputasinya, untuk itu dia menanyakan masalah ini kepada rekannya sesama orang Arab.
Si pengusaha Arab ini bertanya, “Hei Wan, aku sudah lima hari ini terlambat sarapan pagi, dan selalu kebagian duduk satu meja sama bule. Dan ketika aku mau duduk, bule itu selalu beri salam dengan mengatakan Gud Moning, dan aku menjawab Waalaikumsalam. Menurutmu apa jawabanku itu betul Wan?”.
Rekannya menjawab, “Aku juga tidak tahu itu betul apa salah, setahuku di negara bule-bule itu mereka tidak saling memberi salam. Tapi kalo mau tau jawaban betulnya sih gampang…”
Si pengusaha Arab langsung menyahut, “ bagaimana..bagaimana caritahu jawaban betulnya?”
Rekannya menjawab, “Gampang saja, besok kamu datang sarapan lebih pagi dari si Bule, dan duduklah di tempat yang sama, kalo si Bule datang, kamu harus menyapa dia dengan Gud Moning, persis seperti yang setiap pagi dia katakan, lalu dengarkan apa jawaban dia”
Si pengusaha Arab berpikir sejenak, “Wah, betul Wan apa katamu, itu memang cara paling mudah untuk tahu jawabannya. Besok aku akan terapkan caramu itu”
Keesokan paginya, si Arab tiba di restoran lebih pagi dari semua orang, dan dia duduk di tempat biasa. Tepat jam 7.00 si Bule datang, si Arab tersenyum sembari berkata, “Good Morning…”, dan seketika juga si Bule menjawab, “Waalaikumsalam…”
( Rupanya si Bule salah paham, dia pikir bahasa Arabnya selamat pagi itu waalaikumsalam, karena dia dengar itu setiap kali dari si Arab. Si Arabnya juga jadi salah ngerti karena akhirnya dia pikir bahwa good morning itu sama dengan assalamualaikum)

{ 0 comments... read them below or add one }