5 Alat Musik Terkecil di Dunia yang Unik


Alunan suara merdu dari sebuah alat musik biasa kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja pada umumnya alat musik tersebut yang lazim digunakan para musisi. Beberapa seniman merasa tidak puas dengan alat musik yang telah ada sebelumnya. Hingga mereka menciptakan alat musik yang unik seperti di bawah ini:
1. Nano Gitar
Gitar terkecil di dunia berbahan silikon kristal dan tidak lebih besar dari sel tunggal telah dibuat di Universitas Cornell. Penggunaan bahan silikon kristal untuk menunjukkan sebuah teknologi baru yang dapat memiliki berbagai kegunaan dalam serat optik, display, sensor dan elektronik. Panjangnya hanya 10 mikron dan ketebalan plus jarak senar hanya 50 nanometer.

Nano Gitar (sumber : news.cornell.edu)

2. Harmonika ”Little Lady”
Dengan dimensi panjang 5 sentimeter dan lebar 1.5 sentimeter, harmonika yang dinamai Little Lady ini menjadi yang terkecil di dunia. Little Lady dibuat di Jerman sekitar 1890-an.

Harmonika ”Little Lady” (sumber : amazone.com)

3. Grand Piano “Sega Toys”
Dengan skala seperenam grand piano elektrik ini menjadi yang terkecil di dunia. Grand piano ini dilengkapi keyboard berukuran lebar 4 milimeter, 88 tombol dengan fungsi bermain auto dan beratnya hanya 2,5 kilogram. Grand piano ini dibuat Sega Toys Co. Desember 2006.

Grand Piano “Sega Toys” (sumber : chinadaily.com.cn)

4. Biola Nikolay Siadristy
Biola terkecil di dunia hasil karya Nikolay Siadristy. Biola ini memiliki panjang 0.53 milimeter. Dengan ukuran sebesar itu, mungkin bisa dimasukan dalam lubang jarum. Senar untuk Biola ini dibuat menyerupai Biola Stradivari.

Biola Nikolay Siadristy (sumber : therainiervalley.com)

5. Saxophone Piccolo
Saxophone terkecil di dunia dan harus diyakini menjadi alat musik paling rumit. Panjang dari saxophone piccolo ini hanya 30 cm dan suaranya lebih tinggi satu oktaf dari saxophone sopran.

Saxophone Piccolo (sumber : oddee.com)

Sumber : www.top5s.net, uniknya.com, Agustus 2011.

{ 0 comments... read them below or add one }