5 Orang di Balik Jejaring Sosial Dunia


Facebook, Twitter, LinkedIn, FourSquare, dan Tumblr adalah 5 dari puluhan situs jejaring sosial yang cukup berpengaruh di dunia maya. Berselancar di internet tidak akan lengkap tanpa membuka jejaring sosial. Berikut ini uniknya.com paparkan, 5 orang yang berada di balik kesuksesan beberapa situs jejaring sosial di dunia.

1. Mark Zuckerberg
Mark Elliot Zuckerberg merupakan pemogram komputer dan entrepreneur internet di Amerika yang menelurkan raksasa situs jejaring sosial saat ini, Facebook. Pemuda kelahiran 14 Mei 1984 ini, kini merupakan CEO dan presiden Facebook.com yang didirikannya pada 2004 silam di kamar asramanya di Harvard University. Mark sudah belajar pemorgraman sejak usia 6 tahun. Ketertarikan Mark pada pemograman terus berlanjut hingga dewasa dan menelurkan beberapa perangkat lunak sebelum Facebook. Mark memutuskan untuk keluar dari Harvard pada pertengahan 2004 untuk membesarkan “bayi biru”-nya. Pada 2011, kekayaan pribadinya mencapai 13,5 milyar Dollar Amerika.

Mark Zuckerberg (Sumber: wordpress.com,uniknya.com)

2. Jack Dorsey
Jack Dorsey, pembuat sekaligus Executive Chairman Twitter.com ini, dikenal sebagai pengusaha dan arsitek perangkat lunak Amerika. Pria kelahiran 19 Nopember 1976 ini pernah dinobatkan sebagai satu dari 35 inovator papan atas dunia oleh MIT Review Teknologi TR35. Jack mendapatkan inspirasi membuat Twitter ketika melihat AOL Instant Messenger dan Live Journal. Ketika itu, Jack memiliki ide untuk membuat layanan komunikasi pesan singkat yang realtime berbasis web. Ide itu akhirnya terealisasikan setelah Jack mendekati perusahaan Odeo yang ketika itu sangat tertarik kepada pesan teks. Tak kurang dari 2 minggu, akhirnya prototipe Twitter selesai dan terus dikembangkan hingga saat ini.

Jack Dorsey (Sumber: telkomsolution.com,uniknya.com)

3. Reid Hoffman
LinkedIn tampaknya tak lepas dari peran Reid Hoffman dalam membesarkannya. Pengusaha Amerika ini mendirikan LinkedIn pada Desember 2002 dan menjadi CEO pada 4 tahun pertama. Saat ini pria kelahiran 5 Agustus 1967 ini menjadi Chairman dan Presiden LinkedIn. Peran Reid Hoffman tidak hanya sebatas di LinkedIn. Reid juga banyak berinvestasi dan menentukan masa depan perusahaan besar di bidang teknologi, seperti PayPal sebagai Executive VP, Facebook sebagai orang yang mempertemukan Mark Zuckerberg dan Peter Thiel, Zynga, Flickr, Ping.fm, dan Digg. Saat ini, kekayaannya mencapai 1,8 Milyar Dollar Amerika.

Reid Hoffman (Sumber: asritadda.com,uniknya.com)

4. Dennis Crowley
Pria kelahiran 19 Juni 1976 ini, merupakan lulusan Syracuse University dan memulai karirnya dengan membangun proyek Dodgeball, sebuah teknologi berbasis tempat. Teknologi ini diakuisisi oleh Google pada 2005 dan digantikan oleh Google Latitude pada 2009. Setelah diakuisisi Google, Dennis membangun versi kedua dari Dogeball dan menghasilkan FourSquare pada 2009. FourSquare sendiri pada Juni 2011 memiliki 10 juta pengguna di seluruh dunia. Dennis sendiri pernah dinobatkan sebagai 40 pengusaha terpanas yang baru terbit 2010 yang berumur kurang dari 40 tahun oleh Fortune Magazine. Penghargaan lainnya adalah rangking 19 dari 49 orang teratas yang mempengaruhi dunia 2010 oleh majalah AskMen.com dan 35 inovator papan atas dunia oleh MIT Review Teknologi TR35.

Dennis Crowley (Sumber:.businessweek.com,uniknya .com)

5. David Karp
David Karp dikenal sebagai entrepreneur yang kini tinggal di kota NewYork, Amerika. Pria kelahiran 6 Juli 1986 ini merupakan pendiri sekaligus CEO Tumblr.com. Pada 2010, David Karp pernah dinobatkan sebagai 35 inovator papan atas dunia oleh MIT Review Teknologi TR35. David keluar dari sekolahnya pada usia 15 tahun dan memulai Sekolah Rumah. Pada usia 14 tahun, David membantu produser animasi bernama Fred Seibert. Setelahnya, David bekerja sebagai konsultan perangkat lunak untuk UrbanBaby hingga 2006. Pada 2006 akhir, David mulai membangun Tumblr dan meluncurkannya pada awal 2007.

David Karp (Sumber: businessinsider.com,uniknya.com)



Sumber: Dari berbagai sumber, uniknya.com, September 2011

{ 0 comments... read them below or add one }