5 Komposer Terhebat Sepanjang Massa (Bagian I)


bacaunik ~  5 Komposer Terhebat Sepanjang Massa. Komponis merupakan orang yang menciptakan hasil karya musik. Istilah komponis mengacu kepada orang yang menulis lagu dalam bentuk notasi musik dan meneruskan kepada orang lain untuk memainkannya. Salah satu komponis Indonesia yang cukup berperan besar antara lain adalah Erwin Gutawa, Yovie Widianto, Aminoto Kosin, Billy J Budiardjo, Adi MS, Didi AGP, Slamet Abdul Sjukur, Amir Pasaribu, Tony Prabowo,dan masih banyak lagi. Tapi kali ini bacaunik akan memberikan 5 Komposer Terhebat Sepanjang Massa. Mari simak:

5. Franz Joseph Haydn



Franz Joseph Haydn lahir 31 Maret atau 1 April 1732 dan meninggal 31 Mei 1809 dijuluki
"Bapak Simfoni" atau "Bapak Kuartet Gesek" adalh seorang komponis yang paling berpengaruh dari Zaman Klasik. Dia menghabiskan sebagian besar karirnya sebagai musikus untuk keluarga Eszterházy di kediaman mereka yang sulit dijangkau di Austria. Terisolasi dari komponis-komponis lain dan tren musik sampai saat menjelang akhir hayatnya, ia dipaksa untuk, menggunakan istilahnya, "menjadi orisinil".
Joseph Haydn adalah saudara laki-laki Michael Haydn, seorang komponis terkenal, dan Johann Evangelist Haydn, seorang penyanyi tenor.

4. George Frederick Handel


George Frideric Handel lahir 23 Februari 1685 dan meninggal 14 April 1759 adalah seorang Jerman-Inggris komposer Baroque, yang terkenal karena opera, oratorio, dan konser grossi. Hidupnya dan musik mungkin adil digambarkan sebagai "kosmopolitan": ia dilahirkan di Jerman, dilatih di Italia, dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di Inggris. Lahir di Halle di Kadipaten Magdeburg, ia menetap di Inggris pada tahun 1712, menjadi subyek naturalisasi mahkota Inggris pada tanggal 20 Februari 1727. Karya-karyanya meliputi Mesias, Air Musik, dan Musik untuk Royal Fireworks. Sangat dipengaruhi oleh teknik komponis besar dari era Baroque Italia, serta komposer Inggris Henry Purcell, Handel musik menjadi terkenal dengan banyak komponis, termasuk Haydn, Mozart, dan Beethoven.

3. Sergei Rachmaninov


Sergei Vasilievich Rachmaninoff lahir 1 April 1873 (K.G.) atau 20 Maret 1873 (K.J.) dan meninggal 28 Maret, 1943 adalah seorang komponis, pianis dan dirigen Rusia.
Rachmaninoff adalahsalah satu pianis yang paling bepengaruh pada abad ke-20. Ia mempunyai kemampuan teknis dan dorongan ritmis yang legendaris. Tangannya yang besar mampu mencakup interval ke-13 di tuts-tuts piano (jangkauan tangannya lebih kurang 12 inci atau 30,5 cm. Rentangan tangannya kira-kira sepadan dengan tinggi badannya, yaitu 1,98 meter. Ia juga mampu memainkan komposisi-komposisi yang rumit setelah mendengarnya sekali. Banyak rekaman pertunjukan Rachmaninoff sendiri yang dibuat dengan label rekaman Victor Talking Machine Company, serta karya-karya dari repertoar yang standar.

2. Peter Ilyich Tchaikovsky


Pyotr Ilyich Tchaikovsky lahir 7 Mei 1840 (KJ: 25 April) dan meninggal 6 November 1893 (OS Oktober 25), merupakan seorang komponis Rusia dari zaman Romantic. Tchaikovsky menulis musik di berbagai genre, termasuk simfoni, opera, balet, instrumental, ruang dan lagu. Dia menulis beberapa yang paling populer dan teater konser musik dalam repertoar klasik saat ini, termasuk balet Swan Lake, The Sleeping Beauty dan The Nutkracker, yang 1812 Overture, Pertama-nya Piano Concerto, tujuh simfoni, dan opera Eugene Onegin.

1. Gustav Mahler


Gustav Mahler lahir 7 Juli 1860 dan meninggal 18 Mei 1911 adalah seorang komposer Austria. Dia menjadi terkenal saat memimpin sebagai konduktor di tempat gedung opera. Dia berkarir sebagai konduktor sejak tahun 1881. Pada tahun 1901 dia pindah ke villa baru di Danau Majernigg, Carinthia

Sumber: id.wikipedia.org, dari berbagai sumber

{ 0 comments... read them below or add one }