Makhluk Unik yang Ditemukan Tahun 2010


Jangkrik penyerbuk

BacaUnik ~ Akhir-akhir ini kerap ditemukan makhluk aneh dan unik yg ditemukan dibumi ini. Apakah itu revolusi dari makhluk hidup yg sebelumnya atau bukan belum dapat disimpulkan. Ini di binatang Unik yg ditemukan sepanjang 2010:






  • Eternal light mushroom (Mycena luxaeterna)

    Eternal light mushroom
    Bioluminescent Mushroom atau jamur bercahaya yang memiliki nama latin Mycena luxaeterna ini ditemukan di di habitat hutan Atlantik di Sao Paulo Brazil. Jamur mungil ini memiliki diameter batang kurang dari 8 mm dan kepala yang berbentuk topi tidak lebih dari 2 cm. Batang jamur ini terlapisi gel yang bisa berpendar secara konstan mengeluarkan cahaya terang berwarna hijau kekuningan. Profesor Dennis Desjardin yang menemukan jamur ini memperkirakan ada sekitar 1,5 juta spesies jamur di bumi, dan hanya 71 yang diketahui bisa mengeluarkan cahaya.

  • Darwin’s Bark Spider (Caerostris darwini)

    Darwin's Bark Spider
    Laba-laba yang berasal dari Madagaskar ini diberi nama latin untuk mengenang Charles Darwin, Caerostris darwini. Jaring laba-laba ini memiliki kekuatan dan ukuran yang luar biasa. Pernah ditemukan jaring laba-laba ini membentang dengan ukuran sejauh 82 kaki menyeberangi sebuah sungai di Madagaskar dan sedikitnya terdapat 30 serangga yang terjerat dalam jaringnya. Selain itu, jaring Darwin’s Bark Spider ini dua kali lebih kuat dibandingkan dengan jaring laba-laba manapun, bahkan 10 kali lebih kuat daripada bahan kevlar dengan ukuran yang sama.
  • Bacterium (Halomonas titanicae)

    Bacterium
    Bakteri yang mengkonsumsi besi dan baja ini ditemukan menempel di bangkai kapal Titanic yang tenggelam di Samudra Atlantik tahun 1912. Bakteri ini pertama ditemukan oleh tim ilmuwan dari Dalhousie University dari Kanada dan University of Sevilla dari Spanyol, dan diberi nama latin Halomonas titanicae. Bakteri ini hidup dengan menempel di permukaan baja dan menghasilkan korosi berbentuk gundukan menyerupai tombol. Peneliti meyakini bahwa bakteri ini bermanfaat untuk ‘mengolah’ kapal dan kilang minyak yang sudah tak terpakai di tengah samudra.

  • Biawak tutul emas (Varanus bitatawa)

    Biawak tutul emas
    Kadal raksasa atau biawak ini ditemukan di hutan Sierra Madre yang terdapat di Pulau Luzon Philipina. Meski ukurannya bisa mencapai panjang 6 kaki, tapi ternyata biawak ini doyan makan buah-buahan. Biawak yang diberi nama latin Varanus bitatawa ini juga banyak menghabiskan waktunya di pepohonan.
  • Jangkrik penyerbuk (Glomeremus orchidopilus)

    Jangkrik penyerbuk
    Jangkrik yang diberi nama latin Glomeremus orchidophilus ini menjadi unik karena menjadi satu-satunya serangga yang membantu penyerbukan jenis bunga anggrek langka yang hampir punah, yaitu anggrek Angraecum cadetii yang terdapat di Kepulauan Mascarene di Samudera Hindia.
  • Walter’s Duiker (Philantomba walteri)

    Walter's Duiker
    Antelop dari Afrika barat ini ditemukan secara mengejutkan dalam sebuah pasar daging. Oleh ilmuwan, dia diberi nama latin Philantomba walteri untuk menghormati Walter N. Verheyen yang banyak meneliti hewan mamalia di Afrika.
  • Lintah (Tyrannobdella rex)

    Lintah
    Lintah ini berukuran kurang dari 5 cm tapi memiliki rahang tunggal dan gigi-gigi yang besar. Dia pertama kali ditemukan di Peru, menempel di rongga hidung manusia. Menurut ilmuwan yang menemukan spesies ini, hingga kini setidaknya ada 700 spesies lintah yang sudah diklasifikasikan, tapi kemungkinan ada lebih dari 10.000 lagi jenis yang belum ditemukan di bumi ini.

  • Jamur bawah air (Psathyrella aquatica)

    Jamur bawah air
    Ilmuwan menemukan jamur ini di sungai Rogue River, Amerika. Jamur ini hidup di bawah air yang jernih dan dingin. Jamur yang bernama latin Psathyrella aquatica ini diketahui bisa berbuah di dalam air setelah diamati selama lebih dari 11 minggu.
  • Leaproach (Saltoblattella montistabularis)

    Leaproach
    The Silvermine Nature Reserve, bagian dari Taman Nasional Table Mountain di Afrika Selatan merupakan rumah bagi spesies kecoak atau lipas ini. Kecoak bernama latin Saltoblattella montistabularis ini memiliki bentuk kaki yang sudah “dimodifikasi” untuk melompat. Nama Saltoblattella sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti kecoak yang melompat atau leaping cockroach.
  • Pancake Batfish (Halieutichthys intermedius)

    Pancake Batfish
    Di kategori ikan ada ikan pancake batfish yang hidup di lautan yang terkena tumpahan minyak di Teluk Meksiko pada tahun 2010. Pergerakan ikan yang menghuni lautan dalam ini terlihat seperti melompat dengan gerakan yang janggal, seperti kelelawar berjalan. Spesies ini diberi nama latin Halieutichthys intermedius.
Sumber : http://www.livescience.com/14276-top-ten-species-2010.html

{ 0 comments... read them below or add one }