Situs Kuliner dari 5 Anak Muda Seluruh Dunia (Termasuk Indonesia)




Pada tanggal 22 September 2011 lalu, situs kuliner karya beberapa anak muda bernama www.goodfoodgood.com baru saja dipublikasikan. Goodfoodgood adalah food website portal yang disajikan dalam bahasa Inggris dan ditujukan untuk anak muda di seluruh dunia. Situs ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu adminnya merupakan kumpulan 5 anak muda dari seluruh dunia (Amerika, Slovakia, India, Jerman, dan Indonesia). Kelima anak muda tersebut dipilih (disebut juga “fellows”) berdasarkan seleksi yang dilakukan oleh sebuah foundation Eropa bernama Dekeyser and Friends Foundation.

Dekeyser and Friends Foundation merupakan foundation yang rutin membuat proyek-proyek menarik tiap tahunnya dan memerlukan anak-anak muda dari seluruh dunia untuk menjalankan proyek tersebut. Pada tahun 2011 ini, proyek yang sedang berlangsung adalah Teaching Project di Green Chimney, New York dan Culinary Project di Hamburg, Jerman. Untuk tahun 2012, mereka memiliki 2 projek yang akan dilaksanakan yaitu Football Coaching Project dan Conservation Project. (keterangan lebih lanjut dapat dilihat di situs mereka, www.dekeyserandfriends.org).

Dalam Culinary Project ini, lima orang yang sangat berbeda baik dari budaya, latar belakang, maupun kebiasaan ini bekerja sama menciptakan suatu media informasi berupa situs mengenai makanan dalam bentuk yang ringan dan informatif. Di dalam Goodfoodgood, terdapat blog post, video, resep, dan foto yang berisi pengalaman kelima “fellows” dan juga beragam tantangan yang diberikan mentor kepada mereka selama 3 bulan di Hamburg. Seperti contohnya, mereka harus menjalankan restaurant dengan cara yang professional dengan cooking skill dan pengetahuan masing-masing yang berbeda, dan juga harus mendokumentasikannya dalam bentuk media lalu berbagi pengalamannya di Goodfoodgood. Mereka bukanlah pakar atau ahli masak, tapi mereka memiliki satu passion yang sama yaitu kecintaan mereka pada dunia kuliner.


Foto: Florence (Jerman), Vendryana (Indonesia), James (USA), Kristina (Slovakia), Sohini (India)

Latar belakang mereka juga sangat berbeda, seperti James (Amerika) beliau bekerja di sebuah non-profit organic food market, Mandela Market Place. Sohini (India) adalah seorang jurnalis di salah satu majalah di India. Kristina (Slovakia) seorang vegetarian yang berprofesi sebagai guru juga volunteer. Florence (Jerman) seorang mahasiswi teknik industri dan baru saja mendirikan food foundationnya bernama Kulina yang berbasis di Berlin. Sedangkan perwakilan Indonesia, Vendryana, seorang mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, seorang volunteer, dan trainer terutama mengenai keamanan pangan untuk anak-anak dan masyarakat desa di wilayah Pulau Jawa.

Para fellows melakukan semua hal ini di bawah bimbingan mentor mereka yaitu salah seorang Chef ternama di Jerman yang juga aktif di bidang food media bernama Tim Mälzer. Beliau memiliki restoran yang sangat ternama di Hamburg, bernama Bullerei, selain itu beliau juga terkenal sebagai artis dan host untuk cooking shownya "Tim Mälzer Kocht!" yang rutin ditayangkan di salah satu stasiun televisi Jerman. Tujuannya dalam proyek ini adalah untuk membuat suatu situs bersama 5 orang terpilih tersebut, dan menciptakan suatu media yang ditujukan bagi anak muda di seluruh dunia untuk memberikan mereka inspirasi mengenai makanan sehat.


Tim Mälzer

Goodfoodgood juga memiliki akun twitter @GFGnet yang berisi update yang ada pada situs Goodfoodgood dan juga sarana untuk berinteraksi dengan para followers yang berasal dari seluruh dunia. Vendryana sebagai perwakilan dari Indonesia ingin mengajak anda, yang peduli dengan eksistensi budaya kuliner Indonesia untuk mengenalkan lebih jauh makanan khas Indonesia ke dunia internasional melalui Goodfoodgood atau berbagi pengalaman kuliner secara general.

Berikut penjelasan Vendryana: “Kami menerima ide, resep, atau pengalaman teman-teman yang punya kecintaan lebih terhadap dunia kuliner untuk ikut berpartisipasi di Goodfoodgood. Tujuan kami mengajak teman-teman, agar para anak muda di seluruh dunia bisa mendapatkan akses informasi mengenai makanan terutama makanan yang sehat, enak, dan mudah dibuat. Selain itu, di balik semua ini, saya ingin dunia tahu bagaimana beragamnya dunia kuliner Indonesia dan betapa kayanya Indonesia dengan segala sumber daya alam yang khas dan unik. Kami juga menunggu sekali ada yang posting tentang makanan-makanan unik atau bahan baku unik asal Indonesia. Jadi kita sama-sama belajar disini, baik dari tim GFG maupun pembaca. Ini baru saja permulaan, semoga saja ke depannya bisa lancar.”
Ingin tahu lebih lanjut perjalanan dan pengalaman kelima international fellows in selama di Hamburg? Ikuti terus cerita mereka di http://www.goodfoodgood.com , follow twitter mereka di @GFGnet, dan facebook fan page : goodfoodgood.


Sumber: @vendryana
Contact: vendryana@gmail.com

{ 0 comments... read them below or add one }